Penyebab Dipati Ukur Memberontak dari Mataram
Tahun 1628 Sultan Agung menugaskan Dipati Ukur
membantu pasukan Mataram menyerang Kompeni di Batavia. Pasukan Mataram dipimpin
oleh Tumenggung Bahureksa. Namun Bahureksa tidak mengadakan hubungan dengan
Dipati Ukur. Oleh karena itu Dipati Ukur tidak dapat melakukan perundingan
dengan Bahureksa.
Pada waktu yang telah ditentukan, Dipati Ukur memimpin
pasukannya bergerak menuju Batavia untuk menyerang Kompeni. Ketika pasukan
dipeti Ukur tiba di Batavia, ternyata pasukan Mataram belum datang. Oleh karena
itu, Dipati Ukur gagal mengusir Kompeni dari Batavia. Kegagalan itu terjadi
karena ketidakseimbangan persenjataan dan tidak mendapat dukungan dari pasukan
Mataram. Padahal seharusnya pasukan Mataram yang menjadi kekuatan ini
penyerangan, dibantu oleh pasukan Dipati Ukur.
Atas
kegagalan menjalankan tugas dari raja Mataram, rupanya Dipati Ukur berpikir,
daripada ia menerima hukuman berat dari Sultan Agung, lebih baik ia tidak setia
lagi terhadap Mataram. Dipati Ukur beserta sejumlah pengikutnya mengabaikan
kekuasaan Mataram dan melakukan gerakan memberontak terhadap Mataram.
Sikap
Dipati Ukur tersebut segera diketahui oleh penguasa Mataram. Pihak Mataram
berusaha keras menumpas pemberontakan Dipati Ukur. Bila pemberontakan itu tidak
segera ditumpas, akan merugikan pihak Mataram.
Akhirnya
pemberontakan Dipati Ukur dapat dipadamkan. Menurut versi Mataram, Dipati Ukur
tertangkap dan dihukum mati di Mataram. Menurut Sajarah Sumedang (babad),
pemberontakan Dipati Ukur terhadap Mataram berakhir pada tahun awal tahun 1632.
Penangkapan Dipati Ukur Oleh Adipati Kawasen
Naskah
Leiden Orientaladalah naskah yang memuat tentang pemberontakan Dipati Ukur
& Penangkapan Dipati Ukur Oleh Bagus Sutapura (Adipati Kawasen). Naskah ini
ditulis oleh Sukamandara yang pernah menjadi Jaksa di Ghaluh. Peristiwa
penangakapan Dipati Ukur Oleh Bupati Kawasen ini menurut Prof. DR. Emuch Herman
Somantri terjadi pada hari Senin tanggal 1 bulan Jumadil Awal 1034 H sekitar
pertengahan tahun 1632.
Berikut
adalah cuplikan naskah Leiden Oriental yang menceritakan tentang penangakapan
Dipati Ukur oleh Adipati Kawasen (Bagus Sutapura):
”
Nunten pada guneman lan para bupati kabeh. Daweg pada angulati srana kang bhade
bisa nyekel Dipati Mogol punika. Nunten kyai Dhipati Galuh Bendanagara angsal
sanunggal santana Kawasen westa bagus Sutapura, gawena lagi ambhating raga,
sanggem anyekel Dipati Ukur. Sarta lajeng kumanabang sareng sareng samenek ing
Gunung lumbung punika. Nunten dipun tibani watu Westa Munding Jalu dipun
capakeun dening Bagus Sutapura, dipun balangakeun sumangsang wonten sainggiling
lajeng leles. Mangke nyataning Batulayang sareng sampun sumangsang watu puniku.
Nunten Bagus Sutapura angamuk pribadi, katah kiang pejah balanipun Dipati Ukur
punika sarta dipun besta dibakta dateng Ghaluh”.
Artinya:
Artinya:
“Hasil
musyawarah para Bupati yang akan diberi tugas menangkap Dipati Ukur yang
memberontak, kemudian Kyai Ghaluh Bandanagara mendapatkan Senopati dari Kawasen
(Bagus Sutapura) yang orang sedang bertapa untuk menangkap Dipati Ukur. Bagus
Sutapura lalu maju untuk berperang. Ia naik gunung lumbung. Begitu Bagus
Sutapura naik ke Gunung Lumbung, Bagus Sutapura dijatuhi batu yang bernama
Munding Jalu oleh Dipati Ukur. Batu itu kemudian ditangkap oleh Bagus Sutapura,
kemudian dilemparkan dan nyangkut di pohon leles. Berhubung dengan ditangkapnya
Batu itu (Munding Jalu), maka tempat itu dinamakan batu layang. Kemudian Bagus
Sutapura menyerng sendirian sampai pengikut Dipati Ukur banyak yang tewas.
Akhirnya Dipati Ukur dapat ditangkap oleh bagus Sutapura dan diikat kemudian
dibawa ke galuh”
Sejarah
Galuh yang disusun oleh raden Padma Kusumah merupakan salah satu naskah yang
memuat tentang penangkapan Dipati Ukur oleh Bagus Sutapura. Naskah ini disusun
berdasarkan naskah yang dimiliki oleh Bupati galuh R.A.A Kusumah Diningrat
1836-1886 M, bupati Galuh R.T Wiradikusumah 1815 M dan R.A Sukamandara 1819 M.
Diantara naskah tersebut yang menceritakan Penangkapan Dipati Ukur Oleh Bagus
Sutapura (Adipati Kawasen) adalah:
255.
Heunteu kocap dijalanna
Di dayeuh Ukur geus Neupi
Ki Tumenggung narapaksa
Geus natakeun baris
Gunung Lembung geus dikepung
Durder pada ngabedilan
Jalan ka gunung ngan hiji
Geus diangseug eta ku gagaman perang
Di dayeuh Ukur geus Neupi
Ki Tumenggung narapaksa
Geus natakeun baris
Gunung Lembung geus dikepung
Durder pada ngabedilan
Jalan ka gunung ngan hiji
Geus diangseug eta ku gagaman perang
256.
Dipati Ukur sadia
Batuna digulang galing
Mayak Gagaman di lebak
Rea anu bijil peujit
Sawareh nutingkulisik
Pirang-pirang anu deungkeut
kitu bae petana
Batuna sok pulang panting
Ki Tumenggung Narapaksa rerembugan
Batuna digulang galing
Mayak Gagaman di lebak
Rea anu bijil peujit
Sawareh nutingkulisik
Pirang-pirang anu deungkeut
kitu bae petana
Batuna sok pulang panting
Ki Tumenggung Narapaksa rerembugan
257.
Urang mundur ka Sumedang
Didinya Urang Badami
Nareangan anu bisa
Nyekel raheden Dipati
Bupati pada mikir
Emut ku Dhipati galuh
Ka Ki bagus Sutapura
Waktu eta jalma bangkit
Seg disaur ana datang diperiksa
Didinya Urang Badami
Nareangan anu bisa
Nyekel raheden Dipati
Bupati pada mikir
Emut ku Dhipati galuh
Ka Ki bagus Sutapura
Waktu eta jalma bangkit
Seg disaur ana datang diperiksa
258.
Kyai bagus Sutapura
Ayeuna kawula meureudih
Dipati Ukur sing beunang
Ditimbalan dijeng gusti
Nanging kudu ati-ati
Perkakasna eta batu
Gedena kabina-bina
Dikira sagede leuit
Dingaranan Batu Simunding lalampah
Ayeuna kawula meureudih
Dipati Ukur sing beunang
Ditimbalan dijeng gusti
Nanging kudu ati-ati
Perkakasna eta batu
Gedena kabina-bina
Dikira sagede leuit
Dingaranan Batu Simunding lalampah
259.
Kyai bagus Sutapura
Perkakasna ngan pedang jeung keris
Datang kana pipir gunung
Tuluy gancangan nanjak
Geus datang kana tengah-tengah gunung
Batu Ngadurungdung datang
Dibunuh geus burak-barik
Perkakasna ngan pedang jeung keris
Datang kana pipir gunung
Tuluy gancangan nanjak
Geus datang kana tengah-tengah gunung
Batu Ngadurungdung datang
Dibunuh geus burak-barik
260.
Nu sabeulah seug dicandak
Dibalangkeun nyangsang dina luhur kai
Nu matak ayeuna masyhur
Ngarana batu layang
Kocap deui Kyai bagus Sutapura ngamuk
Balad Ukur ennggeus ruksak
Ukur ditangkap sakali.
Dibalangkeun nyangsang dina luhur kai
Nu matak ayeuna masyhur
Ngarana batu layang
Kocap deui Kyai bagus Sutapura ngamuk
Balad Ukur ennggeus ruksak
Ukur ditangkap sakali.
276.
Hariring katu nimbalang
Eta maneh bener Kyai Dipati
Eh ayeuna Tumenggung
Tumenggung Narapaksa
Karep kamenta Ngabehi anu tilu
Ayeuna angkat Bupati
Eta maneh bener Kyai Dipati
Eh ayeuna Tumenggung
Tumenggung Narapaksa
Karep kamenta Ngabehi anu tilu
Ayeuna angkat Bupati
279.
Kyai bagus Sutapura
ayeuna ngarana kudu diganti
Bari diangkat Tumenggung
Tumenggung Sutanangga
Jeung bere cacah 7000
Ayeuna Geus tetep linggih
ayeuna ngarana kudu diganti
Bari diangkat Tumenggung
Tumenggung Sutanangga
Jeung bere cacah 7000
Ayeuna Geus tetep linggih
Pemberontakan
Dipati Ukur yang berlangsung lebih-kurang empat tahun (1628-1632) merupakan
faktor penting yang mendorong Sultan Agung tahun 1630-an memecah wilayah
Priangan di luar Sumedang menjadi beberapa kabupaten, termasuk Galuh. Wilayah
Galuh dipecah menjadi beberapa pusat kekuasaan kecil, yaitu Utama diperintah
oleh Sutamanggala, Imbanagara diperintah oleh Adipati Jayanagara, Bojong-lopang
diperintah oleh Dipati Kertabumi, dan Kawasen diperintah oleh Bagus Sutapura.
Khusus
kepala-kepala daerah yang berjasa membantu menumpas pemberontakan Dipati Ukur
diangkat oleh Sultan Agung menjadi bupati di daerah masing-masing. Tahun 1634
Bagus Sutapura dikukuhkan menjadi Bupati Kawasen (wilayah Kawasen pada saat itu
antara Pamotan (Kalipucang) sampai Bojong Malang (Cimaragas sebelah Barat)
berpusat di Kawasen -Banjarsari).
Kepala
daerah lain yang diangkat menjadi bupati antara lain Ki Astamanggala (Umbul
Cihaurbeuti) menjadi bupati Bandung dengan gelar Tumenggung Wiraangunangun, Ki
Wirawangsa (Umbul Sukakerta) menjadi bupati Sukapura dengan gelar Tumenggung
Wiradadaha, dan Ki Somahita (Umbul Sindangkasih) menjadi bupati Parakanmuncang
dengan gelar Tumenggung Tanubaya.) . Bagus Sutapura memerintah Kawasen sampai
dengan 1653 M.
Sementara itu, Dipati Imbanagara yang dicurigai oleh pihak Mataram berpihak kepada Dipati Ukur, dijatuhi hukuman mati (1636). Namun puteranya, yaitu Adipati Jayanagara (Mas Bongsar) diangkat menjadi Bupati Garatengah. Imbanagara dijadikan nama kabupaten dan Kawasen digabungkan dengan Imbanagara.
Sementara itu, Dipati Imbanagara yang dicurigai oleh pihak Mataram berpihak kepada Dipati Ukur, dijatuhi hukuman mati (1636). Namun puteranya, yaitu Adipati Jayanagara (Mas Bongsar) diangkat menjadi Bupati Garatengah. Imbanagara dijadikan nama kabupaten dan Kawasen digabungkan dengan Imbanagara.
Demikianlah
untaian cerita nyata yang pernah terjadi tentang Pemberontakan Dipati Ukur
& Penangkapan Dipati Ukur Oleh Bagus Sutapura Adipati Kawasen. Dari
berbagai sumber yang ada tentang Jasa Bagus Sutapura yang telah berjasa
mengagalkan pemberontakan yang dilakukan oleh Dipati Ukur.
Selanjutnya
Tahun 1963 Bagus Sutapura diangkat sebagai Dalem Kawasen dengan gelar
Tumenggung Sutanangga. Kadaleman Kawasen sekarang bernama Banjarsari.
Kadaleman
kawasen resmi dibubarkan pada tahun 1810 M berdasarkan Besluit yang ditetapkan
oleh Gubernur Jendral Herman Deandels.
Peninggalan-peninggalan
dari kebesaran Kadaleman Kawasen yang tersisa sampai saat ini hanya berupa
makam-makam dari para Dalem Kawasen yang berkuasa di Kawasen beserta para
pejabat kawasen. Di Banjarsari sendiri orang kebanyakan hanya tahu Kawasen itu
adalah salah satu Desa di Kecamatan Banjarsari yang tidak ada sejarahnya.
Selain itu sekarang tidak tampak Bahwa di Banjarsari dulu adalah sebuah
kabupaten yang besar dan masyhur di Tatar Parahiyangan dengan nama Kawasen. Hal
ini terjadi karena Kurangnya kesadaran masyarakat untuk kembali menelusuri
sejarah “Nyakcruk Galur Mapay Patilasan”.
Sepertinya
pemerintah setempat khususnya Ciamis kurang memperhatikan sisa-sisa peninggalan
dari Kadaleman kawasen. Seandainya Pemerintah ciamis sadar bahwasanya di
Banjarsari masih ada sisa-sisa kebudayaan dalam hal ini Kadaleman kawasen, maka
Kawasen ini layak dijadikan sebagai Situs Wisata Budaya yang ada di Bumi tatar
galuh Tercinta.
Semoga
tulisan singkat mengenai kebesaran kadaleman kawasen ini dapat memberikan
hikmah suri taulada kepada kita semua tentang jiwa Patriotisme Bagus Sutapura
yang tercermin dalam jiwa dirinya.
Mustafid
Putra
Banjarsari Ciamis