Minggu, 13 November 2011

Go to Wisata Pengalengan


Banjaran (PBS) - Menjelajah wisata alam di sekitar Bandung Selatan, tentu saja tidak akan habis dengan perjalanan satu hari, dibutuhkan minimal dua hari. Itupun tidak menjamin dapat tuntas. Mengingat objek wisata yang terdapat di daerah ini lumayan banyak. Selain pegunungan di daerah Ciwidey yang menawarkan berbagai pesona alam dan objek rekreasi, terdapat pula beberapa objek wisata di daerah Pengalengan yang tidak kalah indahnya.


Lokasi pegunungan Pengalengan terletak di sebelah selatan kota Bandung. Berjarak sekitar kurang lebih 40 Km dari pusat ibukota provinsi Jawa Barat. Untuk menuju Pengalengan bisa ditempuh melalui dua arah. Jika dari Jakarta dan menggunakan jalan tol, dapat keluar di gerbang tol Kopo atau Buah Batu. Apabila keluar dari Tol Kopo, ikuti saja petunjuk arah menuju Soreang. Kemudian ke arah Banjaran. Dari jalan pertigaan desa Kamasan, Kecamatan Banjaran akan ditemui tanda petunjuk jalan ke arah Pengalengan. Jika melalui Tol Buah Batu, ikuti saja arah jalan ke Bale Endah atau Dayeuh Kolot. Kemudian ke arah Banjaran dan dari situ petunjuk jalan menuju pengalengan tampak jelas.

Start awal dari pertigaan Kamasan, Kecamatan Banjaran menuju Pengalengan merupakan titik awal jalan menanjak dan berliku. Oleh karena disarankan untuk tetap waspada dan konsentrasi dalam mengemudikan kendaraan Anda. Terutama pada musim hujan, karena terdapat tikungan curam dan tajam.

Sebenarnya, dari perjalanan menuju kota Pengalengan, Anda sudah disuguhi pemandangan yang indah. Dari ketinggian itu Anda bisa sesaat menikmati view kota Bandung dan sekitarnya. Sebelum sampai kota Pengalengan pun Anda ditawari untuk memilih objek wisata mana yang akan dikunjungi.

Pada Km 30 terdapat jalan bercabang menuju Wisata Gunung Puntang yang menyajikan Taman BugenVill, air terjun, dan wisata sejarah berupa Gua peninggalan jaman Belanda. Jika tujuan Anda ke Pengalengan terlebih dahulu maka Anda harus ambil jalan teruss tidak perlu belok ke kiri. Dan sekitar kurang lebih 30 menit, Anda akan sampai di jantung kota Pengelengan. Sekarang tinggal tentukan arah perjalanan selanjutnya. Apakah ingin mengunjungi perkebunan teh Malabar, dimana terdapat Pemandian Air Panas Cibolang, atau ingin ke Situ Cileunca.

 Sepanjang perjalanan ke perkebunan teh Malabar, terdapat hotel dan villa yang dapat disewa untuk istirahat keluarga Anda. Tarif per kamar hotel dan villa relatif. Rata-rata untuk per kamar hotel Rp.250.000,-. Dan untuk Villa dari tarif Rp.500.000 sampai Rp. 1.500.000,-. Suhu udara yang sejuk dan dingin di Pengalengan, tentunya membuat rekreasi Anda dan keluarga terasa nyaman. (etw)